Selasa, 22 Mei 2012

SEJARAH INTERNET



MATERI TENTANG INTERNET

SEJARAH INTERNET
          Sebelum internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah di hancurkan. Jadi bila suatu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pembangunan teknologi. Dan baru setelah itu pemerintahan amerika serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
PENGERTIAN INTERNET
          Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan sebagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh indonesia bahkan seluruh dunia.
          Jaringan yang berbentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang di gunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang di ijinkan, penanganan kesalahan ( Error-handling), lalulintas pesan, dan setandar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protocol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

    Internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan daya tarik atou keumggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut antara lain:
  1. Komunikasi murah. 
  2.  Sumber informasi besar. 
  3.  Tantangan baru untuk berusaha. 
  4.  Keterbukaan “tanpa sensor”. 
  5.  Jangkauan yang tidak terbatas. 
Internet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi internet. Intranet di perkenalkan pada tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan: internet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala pasilitas internet, di ibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal.

Sumber daya didalam Internet
Terdapat beberapa sumber daya yang tersedia didalam Internet, antara lain:
1.     Electronic Mail (Surat Elektonik).
2.     Newsgroup dan Usenet.
3.     Telnet.
4.     Finger Service.
5.     Anonymous FTP.
6.     WAIS Server
7.     Gopher
8.     World Wide Web


Manfaat Internet
     Internet adalah jaringan komputer yang menyediakan berbagai sumber informasi dan komunikasi yang bersifat gelobal. Sarana internet tidak mengenal batas-batas geografis suatu negara dan jangkauan informasinya tidak terbatas.
Adapun manfaat-manfaat yang di dapat dari internet adalah:
1.     Internet bisa sebagai media informasi selain koran, majalah, televisi, radio, dan lainnya
Dengan internet kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang kita inginkan yang mana informasi ini bisa bersifat gelobal atau tidak terbatas waktu dan jarak serta letak geografis.
2.     Internet menjadi media promosi
Melalui internet kita juga bisa melakukan promosi secara mendunia, berbeda kalau promosi lewat TV, radio, koran, majalah atau yang lainnya yang terbatas oleh jarak dan waktu. Dengan internet kita bebas berpromosi.
3.     Internet sebagai media pendidikan
Dengan internet kita bisa memanfaatkan sebagai media pendidikan, kita dapat mencari ilmu pengetahuan di internet, kita juga bisa belajar jarak jauh melalui internet secara langsung.
4.     Internet sebagai media dakwah
Internet juga bisa dipakai sebagai media dakwah, penyebaran informasi-informasi keagamaan dan juga bisa membuat forum diskusi keagamaan di internet.
5.     Internet sebagai media komunikasi
Melalui internet kita bisa melakukan komunikasi gelobal dari penjuru dunia dengan cepat dan akurat. Kita bisa berkirim surat, gambar, video atau yang lainnya.
6.     Internet sebagai media hiburan
Dengan internet kita juga bisa mencari berbagai hiburan baik musik atau film.
Adapun kerugian dari adanya internet:
1.     Adanya ancaman virus
Ancaman virus akan selalu datang yang terhubung dengan internet. Virus tiap hari semakin canggih, untuk itu apabila komputer tidak dilengkapi antivirus yang superkuat maka data-data kita akan rusak terkena virus.
2.     Carding (Pencurian nomor kartu kredit)
Dengan internet seseorang juga bisa melakukan kejahatan untuk mencuri uang dari kartu kredit yang tidak dilengkapi sistem keamanan yang tinggi.
3.     Pembajakan karya intelektual
Karya-karya intelektual juga bisa di bajak dengan mudah oleh pembajak dengan memanfaatkan internet. Karya kita juga bisa dengan mudah disebarkan oleh pembajak tersebut.
4.     Merusak mental generasi penerus bangsa
Dengan adanya situs-situs porno yang semakin menjamur di internet, maka mental para generasi muda cenderung untuk bertambah rusak, karena mereka dengan bebas untuk mengakses informasi-informasi negatif tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar